8 Des 2012 | By: vj lie

Jember unik

Banyak basa daerah di indonesia ini,slh satunya yg ada di daerah tmpat tinggal aku,yang bermayoritas orng jawa/madura.
hingga tercipta bahasa lokal yg mungkin aneh di telinga teman teman,baha yg tercipta antra perpaduan bahasa jawa,madura,indonesia dengan vokal madura yang kental.

''anu pancen,bensroben itu kamu tadi'' penggalan bahasa jemberan ini lucu,dmn bahasa jawa pancen dengan arti emang/memang di padu dengan bahsa madura bensroben dengan arti gegabah/terburu buru dan diakhiri bahasa indonesia.bahasa ini melekat di lidah orng asli jember jika ngobrol dengan sesama atau orng yang menggunakan bahasa indonesia.

Penasaran dengan hal ini?
monggo rek datang ke jember dengan sejuta keunikan dan ragam selukbeluk dan kerakter orang jember.*promosi dikit..

Keunikan yang lain bisa dilihat dari becak motor orang jember,kreatifitas tanpa batas membuat orng jember memodif becaknya dengan penggerak motor tunggangan,betor/becak motor ini bukan seperti becak motor yang ada di aceh atau kota lain yg cenderung menggunakan tenaga diesel.
beragam becak motor berkembang disini,motor bebek hingga batangan tanpa melihat merek motor semua ada.

Disilain kondisi ini juga membuat tenaga abang tukang becak berkurang,meski sebenarnya ini ilegal jika di lihat daru UU lalin 1992/2009 tentang angkutan umum.karena dari kelengkapan lampu dan lain-lain tidak memadain,oleh sebab itu betor ini hanya bisa di lihat di pedesaan saja,plosok luar jember kota.

0 komentar:

Posting Komentar