31 Des 2012 | By: vj lie

malam sakral

Bicara malam ini mas bro & sist,banyak orang bingung di malam tahun baru ini kenapa gak lihat saja di jalanan begitu rame orng mondar-mandir,utara ke selatan -selatan ke utara.apa yang mereka fikirkan gak ada yg tahu......

Berhubung aku bukan orang kepo jadi aku gak mau tanya soal kemana mreka pergi...hehe

Ngemeng-ngemeng status di FB banyak bgt yg galau mulai doa minta hujan sampai bilang desember hingga tgl 32....*bilang WOW donk.hehehe
wah malam tahun baru memang bikin bingung,apa lagi buat para jomblo and pelaku LDR,gak bisa kebayang cuy....yang laen pada bonceng ceweknya yg jomblo cuman bilang ''asikan maen bareng sahabat'' *tapi hati bilang pengen punya pacar.hahaha

husz...udah jgn ngomngin jomblo terus

Kenapa malam ini sakral banget sampai-sampai jalanan macet,sms gak jelas banyak banget ''sms ucapan selamat tahun baru'',FB dan Twitter juga ikut ramai.waduch...betapa hebatnya malam ini
yang pasti malam tahun baru banyak menyimpan makna seolah malam ini adalah malam puncak berkumpul dan bertemu dgn teman,karena hanya acara ini yang gak ada unsur SARA,semua agama dan ras merayakannya meski dengan cara yg berbeda.

uda dulu ya aku mau cabut buat rayain malam tahun baru 2013 juga...hehe

sedikit doa yg bermakna lebih baik daripada diam.

hari besok harus lebih baik dari hari ini.
26 Des 2012 | By: vj lie

Ada apa dengan kucing...???

        Hem...tes ting
        Lumayan bingung kemerin mau nulis apa kerna hari aku begitu banyak yang indah sampek gak bisa di tulis..xixixi :-)
Baru saja aku liat anak kucing yang bru dapet dua minggu di bunuh sama ibunya sendiri,entah apa yang ada difikiran ibu kucing sampek bunuh anaknya.jika di lihat satu jam sebelum anak kucing ini dibunuh mereka masih asik bermain saat aku kasih makan,dan saat aku mau mandi terlihat ibu kucing menerkam leher anaknya sendiri yang dilanjutkan dengan kucuran darah segar dari leher anak kucing (sebut saja ais).ais terlihat lemah takberdaya hingga akhirnya mati dengan bekas gigitan besar mengganga dileher.
       
         Jauh sebelum kejadian ini aku sempet ngobrol di panaongan tempat mas bro tinggal,dimana mas bro bercrita tentang kucing belang tiga jantan yg di bunuh oleh bapaknya,usut punya usut itu terjadi karena ada mitos yg mengatakan kentang keistimewaan kucing jantan belang tiga diantaranya..
  • Ada yang menceritakan cicak pun jatuh saat ditatap sang kucing jantan belang tiga.
  • Ada yang menceritakan kucing jantan belang tiga akan menjadi raja kucing yang ditakuti kucing" lain nanti saat iya dewasa.
Tapi kasus ini bukanlah anak kucing jantan belang tiga......????
Timbul rasa keingin tahuan kenapa hal ini terjadi,berhubung aku bukan ahli zoologi yang mengenal anatomi, fisiologi, histologi, embriologi, dan perilaku hewan jadi aku tanya pada mbah google tentang ini,berharap ada artikel yang membuat rasa penasaran aku terjawab.
Beberapa artikel aku baca dan ada salah satu yang mengatakan:

Mengapa induk kucing bisa kanibal?

Kanibalisme atau infantisid sering menjadi tingkah laku yang normal pada kucing jantan dan betina. Induk menjadi kanibal ketika anak abortus, anak yang lahir mati, ataupun anak sangat lemah. Hal ini terjadi untuk mengurangi penyebaran penyakit kepada anak-anak kucing , yang masih sehat, menjaga kandang/box tetap bersih, dan menjaga secara optimal anak-anak kucing yang masih sehat. Di sisi lain, sang induk mendapat keuntungan secara nutrisi dari mengkonsumsi anak yang mati. Kadang-kadang sang induk akan membunuh anak-anaknya yang tampaknya sehat. Faktor lingkungan yang menyebabkan anak-anak memperlihatkan gejala awal sakitnya ( seperti lemas, tidak mau beraktivitas, hipertermia atau hipotermia) memicu terjadinya kanibalisme atau infantisid. Induk yang stres, pemberian makan yang salah,dan kekurangan hormonal turut memberikan kontribusi dalam hal kanibalisme, sedangkan pengalaman sang induk tidaklah menjamin untuk tidak terjadinya kanibalisme.
Sumber:http://www.marubunnytown.com & http://www.scalamedia.net

         Faktor stres yang ku pilih,krna induk kucing yang dirumah kurus karna harus menyusuhi tiga anknya dua minggu ini ditambah anak kucing yang sering histeris/kagetan mungkin juga jadi faktor penyebab naluri kanibal sang induk muncul sampai tega membunuh anaknya sendiri.sekarang tinggala dua anak yang masih hidup dan semoga induk tidak kanibal lagi.
Beberapa artikel yang aku baca memberi ilmu yang dibangku sekolah gak ku temukan,dan semua itu menjawab rasa penasaran aku tentang kenapa ibu kucing sampek tega membunuh anaknya sendiri.....

        Slamat tinggal ais,hidup di dunia memang susah dan perlu perjuangan.sampai hidupmu hrus berakhir degan dibunuh oleh ibumu sendiri.

ini menurut aku,menurut kamu gimana?
20 Des 2012 | By: vj lie

Galaunya Dunia

Hem....gmn kwan q nie ap baek-baek aj? maklum q tanya gtu krna sekarang musim galau krna kiamat di 21/12/12.hal kyk gni uda berulang kali trjdi dmn q dlu wktu msh SD ada brita di 09/09/09 tpi ap smpek skrng q msih bisa nikmtin nasi pecel milik mbok.no smpek skrng.......hehe yg blm tau mbok.no baca artikel q yg mbok.no
tapi jika dilihat fnmna skrng lbih cetar membahana gtu dech...''jdi inget syahroni'',knp gtu krna isue yg sekarang hangat dan ilmiah,bahkan ada kalender kuno milik suku maya yg meng iyakan hal ini.hingga prtanyaan muncul dimana iman kalian?  ''gitu kta ustad''

Waduch...ada yg lbih seru lagi nie dmn survei inquisitr.com menyatakan 2% warga paman sam percaya akan ini,2% memng kecil tpi itu setara 6 juta orng lho......dikumpulin jdi satu stadion muat ga yea.xixixi
dan ada lg nie sob,dmn indonesia jg di survei dan muncul angka 4% tpi itu sedikit dibanding dengan cina yg mencapi angka 20%.walah-walah....*sambil gelengin kpla.
oh iya nie sobt pda tau kan peramal indo yg uda mninggal itu,yg mrmlkan tentang langit akn gelap gulita di tgl 21/12/12.itu rmalan kyk'y cocok untuk mlam dech gmn matahari uda terbenam and langit gelap krna mendung.*makin lol aj nie w

Ada yg mnrik lg nie sob,dmn di belahan dunia lain sana ada penawaran paket wisata untuk mnyelamatkan diri akn dtengnya kiamat,harg paket jg gak murah dan itu ada di 6 negara sob.

1.Rusia yg dgn duit US$ 1000. untk tiket masuk dan US$ 970. untuk biaya mkan di bunker bawah tanah.
2.Serbia yg punya hotel di gunung rtanj
3.Turki
4.Prancis
5.Brazil
6.Amerika
ini q dapet dri news liputan6.com

Banyak cara orng menanggapi brita miring ini,ada yg santai kyk q cuman liat galunya dunia lwt brita,ada yg tkut smpek byar sgtu mahal buat sembunyai di bunker,ada juga yg bilang itu rahasia yg di atas.
Smua dikembalikan pada diri masing-masing dan iman.
Ok dech q berhnti dlu celoteh tntang 21/12/12 ini......smga hri nie jdi hri yg indah serta bisa cerita tentang apa yg dilihat dan dirasa.wslm
19 Des 2012 | By: vj lie

Kereasi tanpa Batas orng Jember

        Hey smua...setlah kmren pikiran q bumpet/cupet/mampet/dan sumpet,membuat q ingin jalan" mlepas penat sekedar cari suasana damai,hingga q putuskan gak kerja untuk hri ini.Perjalanan q mulai dari puger-lojejer-wuluhan-ambulu hingga berhenti di perkebunan kakau dan karet milik PTPN XII di blater.
Rindang pohon membawa hawa sejuk yg menyegarkan pikiran,tenggorokan kering setelah berjalan lumayan jauh membuat motor q hentikan di warung es-kacang ijo."pinggir jalan di tengah kebun PTPN XII"
          Tapi q sekarang gak mau brcrita soal kepenatan q itu,melainkan q bercerita tentang apa yg dilihat dan dirasa dmn orng JEMBER punya segudang kreatifitas tanpa batas.Jika kita melihat di jalanan era 90an alat angkut kebanyakan masih menggunakan tenaga manusia/hewan seperti becak,dokar/delman,dan cikar/pegon.Tadi q sempat melihat dokar dan cikar tapi q cuman dapetin foto cikar,di desa pontang-ambulu.

       Foto di samping ini adlh cikar alat trsportasi angkut pada masa dulu,kalu sekarang sulit menemukan ini jika kita ada di kota.Alat angkut ini yg menggunakan tenaga hewan "sapi" hanya bisa berjalan pelan mirip pepatah jawa yg mengatakan alon-alon pokok kelakon , gremet-gremet pokok selamet.meskipun pelan asal sampai dengan selamat.beda dengan alat yg menggunakan mesin semacam pick up/truck,selain bisa cepat alat ini punya daya angkut lebih besar bahkan ada juga truck yg dirancang mempunyai kapasitas super besar seperti truck container/gandeng.
       Jika menilik harga truck/pick up memang gak memungkinkan untuk masyarakat menengah kebawah buat beli alat ini,apa lg perijinan yg 6 bulan sekali harus uji layak jalan/kir dan pembayaran pajak tahunan serta 5 tahun sekali.sungguh berat bagi kalangan yg berkantong pas-pasan.....
      Cikar yg punya daya kecil untuk jelajah dan angut memuat masyarakat jember menciptakan alat transportasi angkut yg disebut "DEDET".

Dedet yg terbuat dari sasis bekas mobil L300-truck PS125,dan bak kayu serta kepala di buat handmade ini cekup sering kita lihat di kawasan pinggiran kota jember seperti kawasan kec.ambulu-wuluhan-balung-puger-gumuk mas-umbulsari-semboro dll.
kenapa di sebut dedet karna mesin diesel yng ber bunyi (dedededet) itulah knapa alat ini de sebut dedet.ada beberapa kecamatan memiliki model dedet yg berbeda seprti kec.ambulu-wuluhan-balung cenderung mesin diesel berada di depan (seperti digambar),sedangakan kcmtan lain mesin diesel ada di belakang,bawah tempat duduk kemudi.
dedet adlah jwban masyarakat dimana daya beli pick up/truck tidak terjangkau serta begitu bnyak peraturan perpajakannya.
          Dedet memang tak mungkin jelajah keluar kota/malam hari,disamping tak mempunyai surat ijin layak jalan serta lampu yg kebnyakan dari dedet tidak lengkap.tapi dedet punya peranan penting petani dan masyarakat karna sewa dedet cukup murah,inilah yang membuat dedet sekarang banyak peminatnya.
          Ada lagi kreasi arek jember dmn becak yg dulu menggunakan tenaga manusia sekarang berkembang becak dngan  tenaga motor.becak ini juga hanya ada di pingiran kota jember saja dan sama dengan dedet,becak juga tak punya surat ijin.becak yg punya daya angkut orng dewasa sebnyak 3orng sedangkan ojek hanya 1orng boncengers mungkin ini yg jadi slh stu faktor mengapa prapmilik motor rela memong motornya dan menyambungka dengan rangka becak.






          Tak hanya becak motor dan dedet yg ada di jember,kereta kencana/kancil/kreta wisata juga muncul sebagai cara orang mencari nafkah untuk keluarganya,mobil roda 4 sebagai lokomotif kreta yg berjalan di aspal ini.Begitu banyak cara orng jember mencari nafkah untuk menyambung hidup dan kebahagian keluarga.Tadi sempat melihat deretan kreta ini di whna rekreasi di pontang-ambulu nie  hasil jepretan kamera gadget q


          Kreta wisata ini rata-rata punya 3 gerbong yg di tarik 1 lokomotif jenis mobil,untuk kapasitas orng gak tau tu brapa orng muatnya coz q gak prnah ngitung...hehehe
ya uda dech segini dulu rek hasil blusukan q,tar klu q maen lg q tuliskan apa yg q liat dan q rasa.....:-)

16 Des 2012 | By: vj lie

ada CINTA di PAPUMA

         Ini tentang apa yang dilihat dan dirasa,kemarin coment aku di forum grub FB papuma lovers ditanggapi segar oleh member di grub tersebut,Hidayatisuma Isnur namanya....
Beliau menangapi tentang rasaku yang ingin melihat papuma bersih dari sampah melalui aksi papuma bersih,ini terkaitan tentang evaluasiku minggulalu di papuma yang terlihat banyak sampah dimana sampah botol dan plastik yangditinggalkan oleh pengunjung.takbisa dipungkiri papuma mempunyai daya tarik tersendiri dengan pemandangannya,bisa dilihat dari jumlah pengunjung yang takpernah sepi dan kebanyakan pengunjung dari luar kota jember.Papuma magnet yang cukup kuat dimana pengunjung takkan bosan untuk kembali datang kepapuma,dampak disisi lain membeludaknya pengunjung menjadi titik awal dimana sampah banyak berserakan di kawasan wisata ini.
           Tadi minggu siang,tanggal 16/12/2012 menjadi titik awal proses ini,papuma yang dibawah nauangan perhutani wuluhan ini menggugah saya vj lie,Hidayatisuma Isnur,Masrur Habibie,Agung Santoso,Bali Mahkota Gorden Jember,Pegi Papuma Jember,beserta yang lain merencanakan papuma bersih yang bertujuan membersikan papuma dari sampah.rencanapaun di kembangkan mulai dari persiapan hingga teknis pengumpulan relawan yang terdiri dari PMR,PRAMUKA,SISWA,dll
dimana sampah botol yang terkumpul nantinya akan disumbangkan ke CLBK dan sampah plastik ditempatkan ke TPA papuma,yang akan dilakukan januarai jika dilihat dari hasil perencanaan tadi yang diselingi canda tawa serta seruputan kopi traktiran ibu.isnur.
Dan ini rasa cinta kami pada pantai papuma.


          Ditengah pembicaraan sebelumnya aku dan ibu.Isnur melihat bapak menggembol karung berisikan botol kosong untuk menyambaung hidup dengan keluarganaya,karung yang dibawa ibu.isnur tadi atas pesanan aku diberikan untuk bapak itu dengan inisiatif ibu.isnur.kusempatkan untuk sedikit berbincang tentang keseharian pencari botol kosong ini saat memberikan karung tersebut yang bapak itu mempunyai nama p.tarmin.tapi saat aku mengatakan tujuan kami p.tarmin tidak keberatan akan botol kosong nanti yang akan di sumbangkan saat bersih bersih papuma,itung-itung amal katanya dengan logat jawa kromo/halus.
P.tarmin mempunyai keseharian memunguti botol kosong dan lain-lain hal ini dilakukan sebagai rasa cintanya pada keluarga,bapk 3 anak ini aslinya berasal dari desa,tutul kec,balung sebelum tinggal dan menetap di seputaran papuma.

Setelah pembicaraan dengan p.tarmin usai karna p.tarmin harus melanjutkan pekerjaan,dan rapat kecil selesai juga dengan hasil memuaskan dan perlu dilanjutkan kejenjang brikutnya,aku berjalan di kala grimis saat itu ngobrol dengan tukang bakso yang berkeluh kesah tentang jualanya saat itu,dimana pembeli hanya membeli air/kuah bakso karena pengunjung dapat mie berkemasan gelas.

Cinta terlihat disisi depanku yang seorang bapak dan itu melihat anaknya dri kejauhan yang sedang asik bermain dibibir pantai papuma yang saat itu gerimis turun,dimana bpk memberikan keteduhan dengan payungnya pada ibu dan duduk di batang pohon yang memeng berada persisi di sisi pohon ketapang.
Terlihat mesra percintaan sepasang bpk dan ibu itu ditengah keceriaan buah hatinya.moment ini takku sia-siakan untuk mengambil gambar meski saat itu batre gadget aku sudah menunjukkan warna merah,tapi tak usai disini saja observasiku dipapuma.
Disiti inggil aku juga sempat mengabadikan gambar lewat kamera gadgetku dimana keluarga ini lagi asik foto-foto ungkapan cinta yang disalurkan lewat pengambilan moment penting yang bernama rekreasi.ini diambil sebelum pembicaraan tentang sampah tadi.



         Kemudian pandanganku tertuju pada seorang bapak dengan jala di tangannya berjalan dari pantai sisi barat ke arah sisi timur,bpk ini mulai dari pagi menjala ikan-ikan karang yang sedang bermigrasi kepinggir karang pantai,saat kutanya dapat berapa sambilku melihat besek yang di selempangkan di bahunya bpk yang sudah berumur ini menjawab ''sedikit mas barusan di beli pengunjung'' dengan bahasa jawa.bpk ini mencari nafkah di papuma lewat menjala karna cintanya akan keluraga.Saat bapak ini menyebrang kebatuan aku terdengar bahasa yang tak pernah aku dengar sebelumnya,jelas saat aku tanya berasal dari mana sepasang sejoli ini tidak menjawab hanya diam menatapku dengan aneh.sapaan bahsa inggrispun aku lontarkan dan merka menjawab kalu lagi memadu cinta papuma ini,dan dia berasal dari philipina.Sayang batre gadget aku habis yang takbisa kuabadikan lewat gambar percintaan pasangan ini.

           Hari semakin sore,aku beranjak dari sisi pantai timur kesisi sebelah barat bermaksud untuk pulang.
lagi-lagi aku melihat aktifitas yang berdasarkan cinta terlihat di pantai yang surut hingga bisa berjalan ketengah.dan aku menghampiri dua ibu-ibu yang mencari tirem,begitu ibu itu mngungkapkan aktifitasnya.
dan mataku dimanjakan dengan pemandangan menawan tebing papuma dengan lumutnya dan panghuni batuan karang cadas di laut yang surut ini,dimana aku bisa meligat cacing laut,bulu babi,ikan karang yang terjebak di kubangan kecil sela-sela batuan karang.
Waktu sudah menunjukkan jam 16:15 saat aku pulang untuk menuliskan hasil apa yang aku lihat dan aku rasa saat ini,diperjalanan pulang tepatnya jalan kebun jati papuma aku dimanjakan pemandangan yang hanya bisa aku rekam di memori otakku.sejuk serta pemandangan bukit terselimuti kabut hasil pemuaian air hujan tadi,dimana bapak petani dengan tebon yang dibawa menggunakan sepeda kumbang tua miliknya,dimana petani menyalakan api di sisi jalan untuk membakar jagung muda hasil kebun miliknya.......
Sungguh anugrah yang maha agung dimana banyak cinta terukir abadi melalui kisah indah papuma.
Papuma yang begitu indah dan kompleks dengan cerita cintanya yang tertuang melalui aktifitas didalam. papuma. 

      
15 Des 2012 | By: vj lie

perjuanganmu sahabat

              Tulisan ini berawal drimana dulu aku bekerja di salah satu pabrik besar di daerah karawang,mimpi untuk hidup layak dah sejahtera setiap kawan dan sahabat aku sesama buruh pabrik dimana saat itu kami masih dalam tempurung,dikelabui seolah-olah kami harus seperti itu.tunduk dan patuh dalam setiap printah dan iming-iming bonus yang taksepadan.
kenapa taksepadan?
karna bonus dimonopoli dengan peraturan yang seharusnya tidak dibebankan pada buruh/karyawan.

             Pemimpin team/kelas teri seolah punya kuasa penuh,perkataan yang tak seharusnya terlontar pada forum/lingkungan kerja yang resmi dan formal seakan hanya untuk karyawan biasa bukan untuk pemangku kuasa yang mungkin lebih ''piintar" bisa dibilang penjilat.
kata anj**g dan gob**k dan kawan-kawannya sudah biasa ia lontarkan,mulut manis itu disalah gunakan,takut dalam tekanan pemimpin yang ''pintar'' itu seolah hingga mendarah daging pada satu team di pabrik ini,terlintas seolah yang baik adalah penjilat atau apa memang teman baik.

Pencerahan timbul dari team sebelah <masih dalam satu pabrik> yang mengusung gerakan perubahan.ini bukan partai biru lho yang saya omongin yangsering keluar di TV miliknya....:-)
tapi pencerahan ini berupa serikat pekerja,memang sebelunya udah pernah ada serikat tapi hancur karna pemimpin yang haus kekuasaan dan lemah akan terpaan angin besar.
sedikit keraguan muncul dimana hal serupa pernah terjadi dan memiliki dampak yang traumatis.sedangkan keinginan untuk memerdekakan diri dari para kapitalis menggebu,tekat dan kemauan yang kuat mendorongku untuk ikut gerilya untuk memberi kepercayaan pada sahabat dan teman seperjuanggan untuk ikut terutama ayng amsih trauma uakan hal serupa yang mungkin bisa terjadi.

            Cobaaan datang menghampiri,perpindahanku dari team satu ke team lainya terjadi untuk memecah dan mengkelompokkan yang terindikasi terlibat pendirian serta sebagai perekrut yang diam-diam berjalan di kesibukan pekerjaan yang kian ditambah dan sulit membedakan teman "baik" saat itu.
ketika jenggot <bukan nama asli> mencoba memberikan alasan keterpindahan dan beberapa kawan dari team lamaku,dimana keterangan dari jenggot tidak memuaskan,maklum ia juga seperti orang "pintar" di atas tadi.


            Selepas dari itu penggalangan kekuatanan di kubu karyawan semakin besar dan intensif di berikan pengarahan tentang UU ketenaga kerjaan hingga hak-hak karyawan yang harus dipenuhi prusahaan.
waktu kian terhimpit deklarasi keserikatan kami para karyawanpun dilakukan........
dan WOW setelah hal itu dilaksanankan,bagi orang kebakaran jenggot prusahaan langsung memecah berai kekuatan yang sebelumnya sudah mereka kelompokkan pada satu team.akupaun juga kena dampak hal itu,dimana aku terkena PHK sepihak serta 18orang lain yang tergabung dalam serikat termasuk pengurus.
sebagai tipudaya 2 anggota serikat tandingan yang berdiri atas kuasa pemimpin prusahaan juga ikut di PHK dengan alasan krisis global.
           Kasusu bergulir hinga kini yang diboyong ke meja hijau,perjuangan sahabatku yang senasib sangatlah hebat dengan kondisi ekonomi yang semakin tinggi semangat sahabat tak kunjung padam,aku hanya bisa berdoa berharap semua akan happy ending.perasaan salah muncul padaku seolah perjuanganku bukan perjuangaan sesunguhnya dimana aku sekarang pulang kekampung halalam mencari rizki lain untuk keterlangsungan hidup dan membantu keluarga.

sara salah seolah membayangi seakan aku yang disini hanya modal dengkul tanpa bisa berbuat apa-apa.inginku merangkul dan kembali berjuang dengan nyata tapi faktor keluarga dan ekonomi membuatku lumpuh,hanya doa di sholatku mengiringi perjuangan mu rahabat.

"BURUH BERSATU TAK BISA DIKALAHKAN" hanya ini yang bisa aku tulis untuk SAHABAT.

12 Des 2012 | By: vj lie

PUISI cetar....membahana

mendung dan turun grimis
membuat basah jalan hingga membuat kubangan kecil
serayu wajah mempesona di benakku
petir dan gemuruh tak urungkan niat brimajinasi tentangmu

sedikit lelah setelah aktifitas
jenuh dan kesal mulai datang tapi semua hilang
hilang terbawa angin pembawa kabar kalau kau juga merindukanku disana
semua tentang apa yang dilihat dan dirasa

melihat lukismu dan rasaku tak berujung
sejuta kata tak cukup untuk memuja kecantikanmu
kecantikan dariMU yang menjadikan semua ini
elok,menawan,cantik,mempesona dan semua kata pujian tak cukup untukmu pemilik hati

selayaknya anak adam yang jatuh cinta
raut wajah dan pesonamu mengiringi langkahku
lesung pipi yang membentuk saat kau senyum menginginkan angan menjadi nyata
ini semua untukmu yang bernaung di hati kecil ku
11 Des 2012 | By: vj lie

Untumu di 12-12-12

      Entah harus dimulai dari mana ketika ku mengiringi menit dan detik menuju 12-12-12 di rumah sahabat,mas bro (begitu nama panggilan akrabnya) sepulang dari cangkrukan sekitar 23:30 wib.terlintas apa mungkin kiamat terjadi ketikaku pulang dan berada di tengah jalan sebelumku melihat senyum dan tawa riangnya,,,,,,,,,
     Seolah menjawab tentang kiamat di 12/12/12 itu terjadi ketika aku berjalan pas depan balai desa curah malang,disana terlihat kiamat yang sesunguhnya...kiamat shugra.dimana ambulan milik RSUD DR.SOEBANDI dengan plat merahnya yang dernopol P 180 AX membawa jenazah dengan jalan yang sedang untuk kondisi jalan basah,sirine yang tak berbunyi dan arah mobil bukan kearah rumah sakit menandakan mobil membawa jenaza dengan iring-iringan mobil keluarga di belakangnya.lampu sirine yang berkedip membuat hening suasana saat itu.

   Terlepas dari kejadian itu,intuisi dalam otaku menghilang sekejab saat aku mengingatmu Mia Dollpin.
semalam dingin,dengan celana pendek untuk menembus kabut jalanan,hanya cahaya lampu penerang jalan yang menuntunku pulang hingga rumah,kangen di 12-12-12 ini indah meski tanpamu yang cantik hinga sulit kulukis di benak fikiranku.
kata indah dalam hati membuat coretan kata yang ingin kurangkai hingga menjadi bait puisi...."wez jangan di terusakan lama-lama bisa kayak lagu dangdut entar".

  Hari ini melelahkan karna aku bangun terlalu siang tadi pagi,seperti cinta anak adam yang lain,bertanya dan berharap kau tulang rusuk ku yang kucari slama ini.angka 12-12-12 bagai martabak dengan sajihan special pakek telor 5,,,,,hehehe
terlalu indah hingga ku kehabisan kata dan tak dapat berbicara.....:-)
   Sedikit rasa membuat indah,berhayal diawang-awang hingga lupa daratan.fikiran itu yang memenuhi otakku di 12-12-12.semoga selamanya indah hingga diakhir waktu.
 I LOVE YOU
10 Des 2012 | By: vj lie

Bali punya cerita

Bolang ke bali.
malam bersama dua temanku Aroel Cherbond Boedax dan Sandiana D'darkboyz,mereka berasal dari jawa barat yang ingin berkunjung ke pulau dewata BALI.
rasapenasaran menggebu disaat perjalanan menggunakan bus ekonomi dahlia indah melewati gunung gumitir yg berliku dengan jurang disisi jalan yg seolah siap menanpung kendaraan yg terperosok.
perjalaan berlanjut ke pelabuhan ketapang banyuwangi,antian kendaraan yg lumayan padat sempat menunggu 30 menit hingga akhirnya masuk ke kapal feri.anjungan tujuanku dan sahabat untuk menikmati suasana selat bali,tapi ombak besar membuat aku pusing dan sepertinya mabuk laut...hehehe gak tau kenapa kalu penyebrangan malam aku selalu gini.

Setiba digilimanuk Bali perjalanan menuju terminal diDenpasar,meski sebelunya terjebak macet akibat mobil kontainer terperosok kesungai membuat sahabat tambah penasaran akan keindahan pulau dewata ini,raut wajah sahabat berubah sandi dengan senagnya menginjakkan kaki di Bali tapi berbeda dengan arul yg takut akan suasana bali yg banyak janur,wangi-wangian,patung,dan lain-lain.maklum waktu berkunjung disaat akan ada upacara kuningan.
perjalanan berlanjut menggunakan APV milik beli wayan,menuju banjar pitik dimana saudara sudah menunggu kedatangan kami,dalam perjalanan kebanjar pitik kamera membidik bunga-bunga bali dan pernak-pernik kota yg dilalui.

huft.....ternyata yang aku kira banjar pitik bukanlan yang kita maksud,kita salah berhenti.....hehehe
bukannya di banjar pitik tapi di pulau bungin,rasa capek,lelah,lesu,dan bau badan yg gak karuan,membuat pilihan mandi dan istirahat yg di pilih saat itu.
Pagi di keesokan hari petualangan menelusuri bali dimulai,setelah semalam ke pantai kuta dan puas hunting foto,pagi berlanjut ke sanur,pasar sukawati,ubud,dan berlabu di tanah lot mnyaksikan upacara adat kuningan.keren....itu yang ada di benakku ketika melihat arak-arakan peserta upacara adat,dan sayang ajakan berfoto sandi dengan turis ditolak mentah-mentah.......kasian tu anak.

Pencarian oleh-oleh untuk keluarga seperti kaos,udeng,gantunagan kunci,dll jadi sasaran kami......
saat beranjak pulang telpon dari saudara yang mengingatakn aku bersama sahabat untuk pulang kembali ke kontrakan.sedikit kurang puas karena kamera yang dibawa mengalami gangguan saat sunset dipura tanah lot,hingga keesokan harinya pulang kembali ke jember dngn rasa yg berbeda.aku yg puas telah menjamu sahabatku,sandi dengan rasa penasaran yg masih ingin keGWK dll.arull pulang dengan rasa takut karna suasana BALI yg menurut dia kurang nyaman.




terimakasih sahabat sudah berkunjung ke gubk teduhku,dan berbagi cerita.

limun yang mati suri

    Hay sobat....hasil ngebolang aku hari ini didesa umbul rejo,kec.umbul sari - jember.
rasa penasaran akan masih adanya limun/lemon minuman yang ngetren ketika aku masih duduk di sekolah dasar ini membuat penasaran ingin mencari masih ada dipasan atau sudah benar-benar hilang,karena hasil penelusuran kemarin yang mengecewakan sebab aku lihat pabrik pembuatan minuman ini sudah beralih fungsi menjadi gudang penyimpanan barang yang berada di kec.balung.
    Tadi ketika aku menjalankan pekerjaanku yang menjadi sales makanan belusukan dari desa ke desa lain, mendorong aku sambil mencari adanya minuman limun ini,hingga aku berhenti di toko yang berada di desa umbul rejo-umbulsari.yang sebelumnya aku berjalan dari desa jati songo.
disini aku menemukan tumpukan botol limun bekas yang rapi dan setelah aku lihat tanggal expayer tertulis 23 april 2013,fikirku langsung mengatakan "lho ini kok baru".
kusempatkan untuk ambil foto yang sebelumnya minta ijin pada empunya toko,panggil saja p.parmin,sebab tadi gak sempet kenalan karena aku terlalu semangat mengkuak tabir limun yang sudah hampir menghilag.

      Info dari p.parmin cukup membuat angin segar para pecinta minuman ini,minuman yang banyak rasa dan murah meriah ini sekarang masih di produksi oleh jember jaya.
p.parmin mengatakan minuman ini hanya 1 tahun sekali datang kira-kira 3 minggu sebelum lebaran tiba,karena disaat itu banyak warga yang mencari minuman yang disuguhkan ke tamu.itu keterangan dari p.parmin dengan bahasa jawa umbulsari yang mempunyai khas bahasa kue.
minuman yang dulu dijual dengan harga Rp.200/botol ini sekarang menjadi Rp.1000/botol jauh jika warga membeli sirup yg terkenal saat ini,dengan harga segitu murah p.parmin bisa menghabiskan 8krak/palet kayu dalam 2minggu sebelum lebaran,yang dalam 1krak berisi 24botol limun.

       Persaingan pasar yang membuat limun ini hampir punah dan sekarang mati suri,saat ini limun hanya di produksi sekali dalam satu tahun.padahal ketika di lihat pada masa jaya minuman ini sangatlah populer di tahun 2004 kebelakang.ketika itu minuman yang di ecer menggunakan plastik ukuran kecil dengan harga 50 - 100 rupiah ini beredar dari toko besar sampai penjual jajanan di sekolah yang alakadarnya.

       Menjawab pertanyaan yang kemarin terlontar dari mas bro RZ Hakim & Teyeng Vanguard.
yang masih ingin merasakan es limun sudah terjawab,dengan hasil blusukan hari ini.tadi aku berharap masih adanya limun ini diwarung milik p.parmin untuk sekedar oleh-oleh  untuk mas bro.
aku maih penasaran untuk minum limun ini nanti disaat stock di p.parmin sudah diisi sama jember jaya sat akan datang lebaran. 




Cengkaruk in memoriam

Hey semua....ini berawal dari ketidak sengajaan aku melihat barang dagangan ibu,terlihat dibungkus plastik menggantung di kotak bakul jualan.
ternyata itu cengkaruk/cangkaruk (nasi aking yang di goreng dengan bumbu asin dan trasi udang),makanan jadul dimana ketika aku dan sahabat suka memakan ini sewaktu kaccmi SD di antra tahun 1996-2002.
makanan ringan ini mendominasi pada masanya sebelum keluar makanan ringan buatan pabrik yang membanjiri pasar hingga didesa terpencil,masih ingat dulu ketika aku beli di warung kecil milik bek,lik yang sebenarnya punya nama asli ibu.darmi.
Cengkaruk ini biasa di beri tambahan bumbu sambal kacang ketika itu,rasa terasi yang enak dilidah membuat ketagihan makan cengkaruk tiap hari.
cengkaruk dulu di jual Rp.100/bungkus murah meriah,tapi bukan berarti cengkaruk jadi tidak ada saingan,cengkaruk yang di jual bek,lik yang terletak di gang antara kelas 2 dan 3 SDN Jambearum 1 ini memiliki pesaing kerupuk dengan tambahan sambek bajak,sambel khas bali yang di jual mbk,nik di samping belakang kantor SDN Jambearum 4,yang sekarang menjadi SDN Jambearum 1 juga.

Krupuk sambel bajak ini juga murah Rp.100/4 pcs krupuk yang besar,rasa sambel bajak milik mbak,nik begitu enak cabai yang degerus tidak halus membuat sensasi pedas yang bikin keringetan.
semua makan yang di jual dulu ketika aku SD sekarang sudah jarang ditemui,tergerus oleh makanan moderen yang masuk sampai pelosok desa.
Minuman yang dulu ngetrend dikalangan ank SD dulupun ikut hilang entah kemana,minuman yang dikenal dengan nama lemon/limun ini sangat terkenal di masanya,karna haga yang murah Rp.200 dapet 1 botol dengan rasa yang unik dan berkarbonasi,raya yg masih aku ingat yaitu kopi,dan buah-buahan.

Sempat aku hunting pabrik limun ini di bilangan balung yang sekarang sudah beralih fungsi menjadi gudang.minuman ini sekrang sudah dibilang tak beredar lagi dipasaran terakhir aku minum limun ini 2004 ketika itu aku duduk di bangku SMP.sekarang minuman ini telah tergusur dengan minuman berkemasan plastik berrenceng,yang sekarang jadi kegemaran anak-anak sekolah disaat lonceng istirahat tiba.
Mungkin ini yang disebut modernisasi,hal yang lama tergusur dengan yang baru yang lebih memikat anak-anak dengan kemasannyang cantik tidak seperti dulu yang hanya di bungkus plastik dan direkatkan dengan membakar sisi yang terbuka dengan api kecil damar oblek.

Hanya itu yang masih teringat di memori otakku saat aku SD dan menikmati cengkaruk atau krupuk sambel bajak dengan minuman yang khas denan berbagi rasa yang bernama lemun/limun.makasi uda berkunjung di blog yang sederhana ini dengan tulisan yang aku lihat dan aku rasa
9 Des 2012 | By: vj lie

Warung mbok.no

Hey...jumpa lagi nie sama aku,aku sedikit akan bercerita tentang kuliner di warung yang tak jauh dari rumah,pemilik warung biasa di paggil mbok.no.
no disini adlh nama panggilan anaknya,warung yang berada disebelah utara SPBU di jln.puger,jambearum-puger ini slalu ramai dan gak pernah sepi dari pengunjung yang sekedar ngopi atau mengisi perut yang lagi kroncongan.
Menu yang ditawarkan tidak sperti warteg/warung rumah padang.disini cuma tersedia nasi pecel,tpi bukan pecel madiun yang lengkap dengan sayur bayam/sejenisnya yg dipadu dengan kecamba (toge).menu sederhana nan murah disini hanya nasi + sambal pecel dgn kecamba + sayur Kates (pepaya),dengan tambahan lauk tempe dan tahu,adapun tambahan lain telor ceplok/dadar,gorengan ampla,dan pepes ikan tongkol.menu ini di bandrol IDR 3500/porsi tidak termasuk tambahan tadi.

Setiap harinya mbok.no memasak di bantu dengan 3orng,dengan masing-masing job yang berbeda.juru masak,cuci piring dan menyiapkan unjukan (minuman) pelanggan.setiap paginya warung ini di buka jam 06:00 WIB.
dan tutup jam 19:30 WIB,warung yang stiap harinya menjadi menu andalan tukang becak,kuli batu,pedagan kliling,dan anak muda yang senag nongkong sambil main catur dll.uniknya setiap pelanggan yang datang selalu di panggil men sama mbok.no entah kenapa panggilan itu melekat di fikiran mbok.no.
Keramahan mbok,no terlihat jelas ketika dia melayani pelanggan setianya,dan warung keluarga ini juga bisa kredit alias ngutang.....hehehe
mungkin ini juga yang membuat pelanggan setia mbok,no gak mau pindah di warung lain,warung yang tak pernah sepi dari pengunjung ini bisa menghabiskan +/- 25kg beras dan 4/5 toples brisi krupuk setiap harinya......weleh-weleh.
sambel super pedas mbok,no juga memuaskan pecinta makanan pedas,mungkin kayak kripik ma icih,bandung yang level 10 kepedasan sambel buatan mbok,no.

Seperti ini seklumit cerita tentang warung yang sederhana dan selalu ramai pembeli ini didesaku,desa jambearum - puger ini.trima kasih

Cirata punya kisah

Perjalan aku dari karawang menuju purwakarta kota santri.roda motor membawaku ketempat indah dri salah satu obyek wisata purwakarta,Bendungan Cirata yang berjarak 15km dari pusat kota purwakarta melalui plered.

Cirata memberikan nuansa indah,damai dengan suguhan pemandangan hutan sepanjang jalur yang dilalui,bendungan yg mempunyai luas 62km persegi ini juga menawarkan makan khas penduduk suku sunda,sate maranggi sate ini cocok buat menikmati suasana santai di pinggir bendungan dengan saung sebagai tempat singgah.
tidak hanya itu ikan bakar hasil budidaya petani kerambah terapung juga jadi andalan menu di saung-saung sepanjang obyek wisata cirata.

Aku yang bukan orang bumi pajajaran merasa nyaman di cirata,angin semilir menambah suasana nyaman,keramahan penjual sate maranggi dengan bahasa sunda yang mendayu merdu terlihat sopan.maklum aku asli jember,jawa timur dengan nada bahasa/logat yang kaku membuat aku merasa senang dengan bahasa sunda.selepas dari itu perahu kecil yg biasa di tempat aku dinamakan jukung menghampiri,bapak bapak separuh abad menawarkan jasanya untuk berkeliling melihat ikan kerambah budidaya petani dicirata dengan harga yang bisa ditawar.

Akupun bersama teman menerima tawaran bapak itu,hingga di tengah perjalan aku bertanya nama,dengan nada santai bpk itu menjawab asep nama yang sering dipakai oleh orang sunda yang di ambil dari kata kasep yang berarti ganteng, pak asep sedikit bercerita tentang cirata ketika musim hujan tiba,saung saung ditepian bendungan akan terbanjiri air dan bendungan yang mempunyai fungsi utama pembangkit listrik ini ramai ketika di hari libur.

Hayang kaditu deui itu kata dalam bahasa sunda yang pas buat aku,yang ingin lain waktu bisa kecirata dengan keramah tamahan dan sate maranggi yang enak di lidah orang indonesia.terimakasih cirata yang telah mengisi memori otak ku.....®
8 Des 2012 | By: vj lie

Jember unik

Banyak basa daerah di indonesia ini,slh satunya yg ada di daerah tmpat tinggal aku,yang bermayoritas orng jawa/madura.
hingga tercipta bahasa lokal yg mungkin aneh di telinga teman teman,baha yg tercipta antra perpaduan bahasa jawa,madura,indonesia dengan vokal madura yang kental.

''anu pancen,bensroben itu kamu tadi'' penggalan bahasa jemberan ini lucu,dmn bahasa jawa pancen dengan arti emang/memang di padu dengan bahsa madura bensroben dengan arti gegabah/terburu buru dan diakhiri bahasa indonesia.bahasa ini melekat di lidah orng asli jember jika ngobrol dengan sesama atau orng yang menggunakan bahasa indonesia.

Penasaran dengan hal ini?
monggo rek datang ke jember dengan sejuta keunikan dan ragam selukbeluk dan kerakter orang jember.*promosi dikit..

Keunikan yang lain bisa dilihat dari becak motor orang jember,kreatifitas tanpa batas membuat orng jember memodif becaknya dengan penggerak motor tunggangan,betor/becak motor ini bukan seperti becak motor yang ada di aceh atau kota lain yg cenderung menggunakan tenaga diesel.
beragam becak motor berkembang disini,motor bebek hingga batangan tanpa melihat merek motor semua ada.

Disilain kondisi ini juga membuat tenaga abang tukang becak berkurang,meski sebenarnya ini ilegal jika di lihat daru UU lalin 1992/2009 tentang angkutan umum.karena dari kelengkapan lampu dan lain-lain tidak memadain,oleh sebab itu betor ini hanya bisa di lihat di pedesaan saja,plosok luar jember kota.

Jember

Pagi dari desaku,jambearum.Berangkat aku menuju jember kota tepatnya di kec.pakem,untuk sekedar menambah barang dagangan.
sebelum stock baran,cacing perut yang sudah demo dari aku pertama bangun membuatku memilih sarapan pagi dengan menu nasi + sayur asem dengan lauk ikan tongkol,dan tak lupa teh anget manis pelancar jalannya makan q pilih untuk penutupan.:-)

Stock barang sudah,capcusss cin........belusukan aku mulai di desa kecil bernama tamansari kebonan. terbesit difikiran kenapa kebonan nama dusun ini.
mungkin karna kebon/sawah yang banyak di desa ini menjadi asal usul kata kebonan.tpi aku gak mau tebak menebak biarlah penasaran ini usai.
perjalan aku lanjutkan hingga roda motor berheti di sebuah toko kelontong/wracangan,aksi menawarkan barang daganganpun dimulai......

P.suady sang pemilik toko,begitu dia mengucap nama saat kenalan denganku waktu q menjajakan barang dagangan.
respon p.suady baik terhadap aku,6 karton pesanan pertama p.suady meski sebelumnya saya sedikit pesimis waktu melihat wajah p.suady yang cuek bebek.
benar kata pepatah jangan melihat buku dari sampulnya,itu kata yg tepat buat hal ini,karna dibalik wajah cuek bebek p.suady keramahan yang didapati.

Customer sevice yang aku utaman,untuk memperakrab hubungan aku ngobrol harga sampai p.suady mengatan kalu disini saya di panggilnya p.mantri.
otak ku mengatakan mantri itukan nama wayang......dan p.suady mengiyakan itudengan logat jawa kue.sebutan dari desaku untuk penduduk desa yang menggunakan kata kui/kue/kae karna gak seperti yang laen yang menggunakan kata koen.

Sayang pembicaraan kami terputus karna p.mantri menerima telpn dan aku harus keliling menjajakan dagangan aku.ini salah satu keragamn jember dengan berbagai suku ada disini dengan adanya suku madura & jawa yang mendominasi,dengan keturunan arab/cina dll menambah jember beragam namun tetap damai.http://www.facebook.com/gembel.ningrat.161?ref=tn_tnmn