26 Des 2012 | By: vj lie

Ada apa dengan kucing...???

        Hem...tes ting
        Lumayan bingung kemerin mau nulis apa kerna hari aku begitu banyak yang indah sampek gak bisa di tulis..xixixi :-)
Baru saja aku liat anak kucing yang bru dapet dua minggu di bunuh sama ibunya sendiri,entah apa yang ada difikiran ibu kucing sampek bunuh anaknya.jika di lihat satu jam sebelum anak kucing ini dibunuh mereka masih asik bermain saat aku kasih makan,dan saat aku mau mandi terlihat ibu kucing menerkam leher anaknya sendiri yang dilanjutkan dengan kucuran darah segar dari leher anak kucing (sebut saja ais).ais terlihat lemah takberdaya hingga akhirnya mati dengan bekas gigitan besar mengganga dileher.
       
         Jauh sebelum kejadian ini aku sempet ngobrol di panaongan tempat mas bro tinggal,dimana mas bro bercrita tentang kucing belang tiga jantan yg di bunuh oleh bapaknya,usut punya usut itu terjadi karena ada mitos yg mengatakan kentang keistimewaan kucing jantan belang tiga diantaranya..
  • Ada yang menceritakan cicak pun jatuh saat ditatap sang kucing jantan belang tiga.
  • Ada yang menceritakan kucing jantan belang tiga akan menjadi raja kucing yang ditakuti kucing" lain nanti saat iya dewasa.
Tapi kasus ini bukanlah anak kucing jantan belang tiga......????
Timbul rasa keingin tahuan kenapa hal ini terjadi,berhubung aku bukan ahli zoologi yang mengenal anatomi, fisiologi, histologi, embriologi, dan perilaku hewan jadi aku tanya pada mbah google tentang ini,berharap ada artikel yang membuat rasa penasaran aku terjawab.
Beberapa artikel aku baca dan ada salah satu yang mengatakan:

Mengapa induk kucing bisa kanibal?

Kanibalisme atau infantisid sering menjadi tingkah laku yang normal pada kucing jantan dan betina. Induk menjadi kanibal ketika anak abortus, anak yang lahir mati, ataupun anak sangat lemah. Hal ini terjadi untuk mengurangi penyebaran penyakit kepada anak-anak kucing , yang masih sehat, menjaga kandang/box tetap bersih, dan menjaga secara optimal anak-anak kucing yang masih sehat. Di sisi lain, sang induk mendapat keuntungan secara nutrisi dari mengkonsumsi anak yang mati. Kadang-kadang sang induk akan membunuh anak-anaknya yang tampaknya sehat. Faktor lingkungan yang menyebabkan anak-anak memperlihatkan gejala awal sakitnya ( seperti lemas, tidak mau beraktivitas, hipertermia atau hipotermia) memicu terjadinya kanibalisme atau infantisid. Induk yang stres, pemberian makan yang salah,dan kekurangan hormonal turut memberikan kontribusi dalam hal kanibalisme, sedangkan pengalaman sang induk tidaklah menjamin untuk tidak terjadinya kanibalisme.
Sumber:http://www.marubunnytown.com & http://www.scalamedia.net

         Faktor stres yang ku pilih,krna induk kucing yang dirumah kurus karna harus menyusuhi tiga anknya dua minggu ini ditambah anak kucing yang sering histeris/kagetan mungkin juga jadi faktor penyebab naluri kanibal sang induk muncul sampai tega membunuh anaknya sendiri.sekarang tinggala dua anak yang masih hidup dan semoga induk tidak kanibal lagi.
Beberapa artikel yang aku baca memberi ilmu yang dibangku sekolah gak ku temukan,dan semua itu menjawab rasa penasaran aku tentang kenapa ibu kucing sampek tega membunuh anaknya sendiri.....

        Slamat tinggal ais,hidup di dunia memang susah dan perlu perjuangan.sampai hidupmu hrus berakhir degan dibunuh oleh ibumu sendiri.

ini menurut aku,menurut kamu gimana?

3 komentar:

RZ Hakim mengatakan...

Kemungkinannnya ada dua, yang paling populer adalah karena sang anak kucing tersebut resesif, lemah dan berpotensi melemahkan yang lain. Kemungkinan berikutnya (kalau yang ini menurut cerita rakyat ya, hehe), berhubungan dengan mitos akan kekuatan supranatural yang dibawa oleh anak kucing.

vj lie mengatakan...

q lbih milih yg pertama,karna ini bukan blang telon.hehe

iwan setyawan mengatakan...

Kalau cicak jatudari dinding ke tanah karen dilihat atau ditatap kucing saya percaya 1000%... 3x saya melihat dengan mata saya sendiri ditempat yang berbeda...

Posting Komentar