25 Jan 2013 | By: Unknown

kembali di dunia silam

Backpacker Indonesia
            Banyak orang yang suka jalan-jalan dengan berbagai tipe, ada yang suka menggunakan jasa travel hingga berjalan sendiri, aku salah satunya penggila jalan-jalan sebagian orang mengatakan ini dunia backpacker, backpacker mulai aku sukai ketika aku duduk di kelas 3 SMP. meski waktu itu aku hanya jalan dalam ruang lingkup kota sendiri yang aku juluki kota beribu rasa, sebenarnya kotaku berjuluk kota suwar-suwir (jember).kegemaran akan dunia backpacker seperti sebuah kebutuhan saat itu meski aku tak mengenal arti yang sesungguhnya tentang dunia backpacker,beranjak SMA aku mulai merambah keluar kota jember, masih aku ingat kota banyuwangi/kota gandrung yang aku pijak pertama kalinya diluar kota jember. hanya sedikit pengalaman tentang kota banyuwangi dan banyak pengalaman tentang perjalanan yang berarti besar untuk menjajaki kota-kota selanjutnya.

            Beberapa saat kemarin aku sempat melontarkan pertanyaan di forum grub facebook yang aku ikuti Backpacker Indonesia namanya, disana aku melontarkan pertanyaan, apa yang kau carai backpacker? beragam jawban aku temukan disana mulai dari yang becanda hingga punya arti dalam,tapi semua jawaban yang aku temukan punya kesimpulan Kepuasan Batin. ya, kepuasan batin yang aku simupulkan karna hanya itu yang dicari oleh para backpacker yang didalamnya punya serentetan kisah mulai dari alam,budaya,kultur,bahasa sampai kebiasan yang berbeda dari kota asal itu semua menjadi satu kesatuan dalam kepuasan tersendiri bagi para penjajak kota.


Emperan Toko

         Waktu berjalan dan terasa sudah lama aku tak menginjakan kaki keluar dri kota jember,berjalan kembali menyusuri kota demi kota melintas batas kehidupan siang dan malam, ingin melakukanya kembali rasanya dan itu muncul disaat-saat aku sendiri terdiam di kamar sambil memutar kembali memori di otak yang pernah aku lakukan dulu.kangen ingin menjinjing tas carrier 49 liter dengan begitu banyak isi dan misi yang harus aku ketahui di setiap kota yang ku gagahi. menuliskan kisah tentang apa yang aku lihat dan aku rasa sebelum waktu menggrogoti daya ingat dan imagi ku, memotret sisi lain kehidupan dimana tak semua orang punya kebahagian diluar hal materi, dalam hidup memang harus berjalan merangkai cita dan asa dalam rona kehidupan yang kita sendiri tak tahu seperti apa akhirnya.

         Kini rasa itu datang kembali yang membuat gairah dan semangat tumbuh untuk berjalan lagi, apakah ada yang baru setelah sekian lama aku tak berjalan dan keliling, mengenal suku dan budaya serta makanan khas kota yang aku pijak, blusukan ke pasar memotret dan melihat pedagang kecil diemperan tersenyum lepas dengan berjuta kebahagiaan meski tak banyak materi yang terlimpah padanya.beginilah hidup, tak semua orang akan bahagia dengan harta yang melimpah, hanya dengan ke ikhlasan orang akan menghargai hidup dan tersenyum untuk memberi kabar kalau dirinya sedang bahagia saat ini.

Diambil dari google
     Minggu ini aku akan berjalan kembali, bukan tapak tilas tentang kisahku yang dulu, aku ingin berjalan menyusuri jalan yang berbeda melintas kota dengan apa yang aku bisa lakukan, ingin mengukir sebuah sejarah dalam hidupku yang bisa di dongengkan pada generasi setelah berjalan dengan memulung sampah botol yang sekiranya bermanfaat untuk kehidupan sambil melihat kota demi kota dengan keistimewaan serta kultur sosialitas masyarakatnya, sesedikit menikmati wahana atau wisata yang belum aku kunjungi di kota itu.sembari menyambangi kawan sesama komunitas, berceloteh tentang hidup dan budaya sekitar, melirik obyek yang mungkin orang lain tak pernah tahu hingga menggali ilmu tentang sejarah masa lampau sebisa yang aku telusuri.

       Memang semua itu bukan hal yang gampang jika tanpa ada persiapan matang, relasi, kondisi dan pengetahuan itu perlu untuk menunjang semuanya, karna tanpa itu semua mungkin aku akan buta dan tersesat. ini bukan hal yang baru tapi kesiapan ku tidak seharusnya luntur dan menganggap gampang sebuah persiapan meski intuisi telah diangan.pemanfaatan peluang untuk menggapai tujuan sangatlah perlu ku lakukan, dan harapanku bisa pulang kembali kerumah, bertemu keluarga untuk berceloteh kisah apa yang aku bawa dari kota-kota nan jauh disana.


2 komentar:

Unknown mengatakan...

Wah... Hobi yang asik mas.
Sekali kali coba jalan jalan ke Balung dong, terus mampir ke sekret ya.
Sekalian pulang kampung kan ke Jambearum

heheeheee

Unknown mengatakan...

wah ini aku lagi di jambearum, besok sek iso dolan neng balung
karo ngopi-ngopi....hahaha

Posting Komentar